Jaminan bpkb mobil

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Melakukan Jaminan BPKB Mobil

Pinjaman dengan menyerahkan jaminan berupa BPKB mobil sudah banyak dilakukan oleh orang-orang. Mereka biasanya melakukan hal itu dikarenakan membutuhkan biaya yang besar dalam waktu singkat. Dana yang sudah didapat dari hasil pinjaman itu biasanya digunakan untuk mengembankan sebuah usaha.

Untuk mengajukan pinjaman berupa jaminan BPKB mobil, bia melalui beberapa bank dan bisa juga melalui pegadaian. Pegadaian merupakan BUMN yang melayani jasa penyaluran kredit berdasarkan pada hukum gadai. Biasanya ada berbagai jenis pinjaman yang ditawarkan oleh pegadaian dan jenis-jenis pinjaman tersebut pastilah memiliki keunggulan.

Prosedur Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Mobil

prosedur pengajuan pinjaman jaminan bpkb

 

Sebenarnya, baik bank maupun pegadaian, prosedur yang dibuat biasanya hampir sama. Hanya saja, ada beberapa perbedaan yang bisa membuat Anda lebih memilih pegadaian, atau bisa juga membuat Anda memilih bank sebagai tempat untuk meminjam sejumlah uang.

Memenuhi Persyaratan

Prosedur pertama yang harus dilakukan saat akan melakukan sebuah pinjaman menggunakan jaminan BPKB mobil adalah memenuhi dokum persyaratan. Biasanya, persyaratan yang harus dipenuhi antara lain, fotokopi KK, KTP, BPKB dan STNK kendaraan yang akan dijaminkan.

Jika, memilih bank untuk melakukan pinjaman, maka Anda juga harus menyiapkan slip gaji, rekening tabungan 3 bulan terakhir, dan rekening bank yang Anda pilih. Tak hanya itu, anda juga harus memiliki usaha yang sudah berjalan minimal 3 bulan.

Mendatangi Tempat Pinjaman

Setelah memenuhi dokumen persyaratan, Anda hanya perlu mendatangi tempat pinjaman yang dipilih. Semisal outlet pegadaian yang sudah tersebar di 600 titik di Indonesia, bank BRI atau bank mandiri.

Sebelum mendatangi lembaga penyedia pinjaman, Anda harus memastikan terlebih dahulu jam buka lembaga tersebut. Jangan sampai datang saat tengah hari, di mana biasanya para lembaga penyedia pinjaman sedang istirahat.

Mengisi Formulir Pengajuan

Baik di bank maupun pegadaian, Anda harus mengisi formulir pengajuan yang telah disediakan. Isilah formulir tersebut dengan teliti dan jangan lupa untuk mengeceknya lagi setelah selesai diisi. Jika sudah, maka serahkan kembali formulir dengan jaminan BPKB mobil dan STNK serta persyaratan lain yang sudah dipersiapkan.

Sebelum menyerahkan formulir yang sudah diisi tersebut, Anda bisa memilih terlebih dahulu besarnya pinjaman, besarnya angsuran dan lamanya pinjaman pada tabel pinjaman bank mandiri 2018, jika Anda memilih bank mandiri sebagai tempat melakukan pinjaman. Jika memilih bank yang lain, atau pegadaian, maka Anda akan diberikan tabel pinjaman terbaru yang sesuai.

Pilihlah jumlah uang, angsuran dan lamanya angsuran dengan baik serta cermat. Agar Anda juga tidak merasa terbebani dengan besarnya angsuran yang dipilih.

Menunggu Persetujuan Pinjaman

Setelah melakukan prosedur di atas, maka langkah selanjutnya adalah menunggu persetujuan pinjaman. Biasanya, baik bank maupun pegadaian akan melakukan analisis dan survey terlebih dahulu, sebelum menyetujui jumlah pinjaman yang diajukan. Jika memang pengajuan pinjaman jaminan BPKB mobil Anda disetujui, maka bisa langsung mendapatkan sejumlah uang yang telah disetujui.

Jenis-Jenis Pinjaman Jaminan BPKB mobil

JENIS PINJAMAN JAMINAN BPKB MOBIL

Bank BRI, merupakan salah satu bank yang menawarkan pinjaman jaminan BPKB. Di bank BRI sendiri, ada beragam jenis pinjaman yang ditawarkan dan Anda bisa memahaminya terlebih dahulu. Adapun jenis pinjaman yang sering dipilih oleh orang-orang adalah program kredit usaha, pinjaman KUR tanpa agunan di BRI dan pinjaman BRI jaminan AJB. Untuk melihat referensi besarnya angsuran, bisa dilihat di tabel pinjaman bank BRI.

Mandiri juga menawarkan pinjaman dengan menjaminkan BPKB. Di mandiri sendiri diberi nama Mandiri Tunas Finance atau MTF. Limit kredit dari MTF sendiri bisa sampai 90% dari harga kendaraan dan jangka waktu kreditnya pun maksimal 3 tahun. Adapun mobil yang bisa dijadikan sebagai jaminannya adalah mobil Jepang, Korea dan Eropa dengan mempertimbangkann usia kendaraan.

Sementara untuk pegadaian, ada 4 jenis pinjaman yang ditawarkan. Namun, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu tabel angsuran pegadaian syariah untuk mempertimbangkan jumlah dan angsuran yang akan diambil. Jenis pinjaman yang bisa ditemukan di pegadaian adalah RAHN, Kreasi, ARRUM dan KCA.

Tips Melakukan Pinjaman Jaminan BPKB Mobil

TIPS AGAR PINJAMAN BISA DISETUJUI

Setelah mengetahui persyaratan, prosedur dan jenis dari pinjaman di berbagai tempat peminjaman uang, Anda juga harus memperhatikan beberapa tips dalam melakukan sebuah pinjaman.

Memahami Prinsip 3P (Penuhi, Pahami dan Pastikan)

Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah ‘penuhi’. Maksudnya, Anda harus memenuhi terlebih dahulu persyaratan yang sudah ditentukan. Jangan sampai lupa atau malah ketinggalan saat akan mengajukan pinjaman dengan jaminan BPKB mobil.

Pahami adalah langkah selanjutnya yang harus dilakukan setelah memnuhi persyaratan. Maksudnya adalah pahami terlebih dahulu jenis pinjaman yang akan dipilih, pahami juga besarnya pinjaman, besarnya angsuran dan juga lamanya menyicil angsuran. Jangan lupa juga untuk memahami tempat Anda mengajukan peminjaman. Karena pada dasarnya, setiap bank atau pegadaian yang nantinya dipilih memiliki prosedur yang sedikit berbeda.

Memastikan pembayaran cicilan tepat waktu merupakan langkah terakhir dari prinsip 3P ini. Kewajiban seorang nasabah setelah menerima uangnya adalah membayar angsuran tepat waktu. Jangan sampai jaminan BPKB mobil Anda hangus karena ketidaktepatan membayar angsuran.

Melakukan Pinjaman Untuk Tujuan Produktif

Pada dasarnya seseorang melakukan pinjaman adalah untuk bisa berinvestasi pada usaha lain. Lebih sederhananya, pinjaman dilakukan untuk mengembangkan sebuah usaha. Sehingga, kadang seseorang tidak keberatan dengan jumlah angsuran dan jangka waktu yang ditentukan. Oleh sebab itu, jangan sampai mengajukan pinjaman untuk kepentingan konsumtif saja.

Investasi harusnya menjadi alasan utama kenapa Anda melakukan pinjaman dengan jaminan BPKB mobil. Oleh sebab itu, sebelum mendatang lembaga penyedia dana pinjaman apapun, harus dipikirkan dan diperhitungkan secara matang. Agar, dana pinjaman yang diberikan bisa berputar kepada suatu hal yang lebih menguntungkan.

Tips Agar Pinjaman Bisa Disetujui

tips pinjaman

Sebenarnya, ada beberapa hal yang justru membuat pengajuan pinjaman tidak disetujui. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda memperhatikan dan melakukan tips ini agar pengajuan pinjaman disetujui.

Memenuhi Semua Persyaratan

Dalam melakukan pinjaman dengan jaminan BPKB mobil, persyaratan tentunya hal utama yang harus dipenuhi. Jangan sampai ada satu dokumen yang justru tertinggal. Hal ini dikarenakan, dokumen yang diberikan mempunyai nilai plus tersendiri yang bisa dianggap keseriusan dalam melakukan pinjaman.

Berpakaian Rapi dan Mampu Meyakinkan Pihak Penyedia Jaminan

Berpakaian rapi tentunya akan memberikan kesan bahwa Anda benar-benar serius untuk melakukan pinjaman. Tidak hanya itu, cara Anda meyakinkan pihak penyedia jaminan pun perlu diperhatikan, agar pengajuan jaminan bisa disetujui.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui dalam melakukan pinjaman dengan jaminan BPKB mobil.

BERMASALAH DENGAN DATA?
SILAHKAN HUBUNGI KAMI.
KAMI SIAP MEMBANTU ANDA KARENA KELENGKAPAN DATA SANGAT MENDUKUNG PROSES PENGAJUAN KREDIT


Produk & Solusi

  • Gadai BPKB Mobil
  • Gadai Mobil Masih Kredit
  • Pembiayaan Mobil Built Up
  • Pembiayaan Mobil Komersil

Kantor Marketing